October 20, 2020
6 Makanan Khas Magetan Ter Nikamat

6 Makanan Khas Magetan Ter Nikamat

Makanan khas Magetan mungkin hampir mirip dengan makanan dari daerah lain. Namun tentunya berbagai menu dari Magetan tersebut memiliki kekhasan tersendiri. Sehingga tak heran jika banyak di antara jenis makanan dari kota tersebut menjadi kuliner favorit banyak orang. Berikut ini jenis makanan khas Magetan yang sering kali dicari.

6 Makanan Khas Magetan Ter Nikamat

1. Tepo

Makanan pertama yang akan diulas pada kesempatan ini adalah makanan bernama Tepo. Makanan ini tentunya wajib Anda coba karena makanan ini merupakan makanan khas dari daerah Magetan. Tepo sebenarnya merupakan makanan yang terbuat dari bahan utama beras dan dibuat hampir menyerupai lontong. Beberapa orang bahkan beranggapan bahwa makanan khas Magetan ini mirip dengan kupat tahu dari daerah lain. Namun pada makanan Tepo rupanya kuah yang digunakan cenderung dicampur dengan gula merah dan juga kacang yang sebelumnya dihaluskan. Jadi makanan ini tidak menggunakan kuah bsantan seperti pada kupat tahu.

2. Ayam Panggang Gandu

Ayam panggang ini juga menjadi salah satu makanan khas Magetan yang wajib Anda coba. Di Magetan sendiri sebenarnya banyak warga terutama di Kecamatan Karangrejo yang memproduksi ayam panggang dan kemudian menjualnya. Ayam yang digunakan biasanya adalah ayam kampung yang kemudian diolah dengan cara meletakkannya di atas tungku tanah liat dengan bahan bakar berupa kayu. Ayam ini juga disajikan dengan beberapa varian bumbu yaitu varian bumbu pedas dan bumbu gurih. Anda juga bisa menambahkan sambal sesuai dengan selera Anda mulai dari sambal terasi dan sambal bawang serta adapula lalapan dan nasi putih.

3. Pecel Pincuk

Pecel Pincuk dari Magetan sebenarnya tak jauh berbeda dengan pecel dari daerah lainnya. Namun yang membedakan pecel dari Magetan ini dengan pecel lainnya adalah sambal kacangnya. Biasanya sambal kacang ala Magetan memiliki citarasa yang berbeda dengan sambal kacang dari daerah lain. Perbedaan resep makanan pecel Magetan dengan pecel dari daerah lainnya juga terletak pada wadahnya. Pecel dari Magetan umumnya menggunakan wadah berupa daun pisang sehingga rasa pecel semakin nikmat.

4. Sate Jamur

Anda sudah pasti tahu bahwa Sate Jamur tentu menggunakan jamur sebagai bahan utamanya. Sate Jamur menjadi salah satu makanan khas yang berasal dari magetan dan memiliki rasa yang khas. Jika dilihat secara sekilas maka akan tampak bahwa sate ini memiliki bentuk yang sama dengan sate lainnya. Hanya saja sate ini terbuat dari bahan jamur. Selain itu sate ini menggunakan bumbu khas yaitu bumbu kacang yang akan membuat sate menjadi terasa lebih lezat.

5. Sate Kelinci

Rupanya tidak hanya sate berbahan jamur saja yang menjadi makanan khas Magetan. Tetapi ada pula sate lainnya yaitu sate yang terbuat dari daging kelinci. Sate ini biasanya disajikan dengan lontong dan bumbu pecel sebagai pelengkapnya. Rasa sate ini sangat nikmat sehingga Anda pasti ketagihan dan ingin terus makan sate ini.

6. Ayam Tulang Lunak

Makanan khas Magetan terakhir yang dibahas kali ini sebagai makanan khas dari daerah Magetan adalah Ayam Tulang Lunak. Anda bisa menemukan makanan ini di beberapa rumah makan seperti misalnya Rumah Makan Pringgodani yang menjadikan makanan ini sebagai menu khas. Sesuai dengan namanya maka ayam ini memiliki tulang yang sangat lunak sehingga Anda bisa