April 16, 2021

Bagaimana Cara agar Kayu Menjadi Anti Rayap?

Memakai furniture dari kayu memang membuat rumah tampak semakin manis untuk dipandang. Namun satu hal yang menjadi kekurangannya adalah mounya sifat anti rayap. Namun ada banyak cara mengatasinya, sehingga furniture tetap awet dan tahan lama untuk digunakan.

Tips agar Kayu Menjadi Anti Rayap

Walaupun kayu mudah dan rentan sekali terkena rayap namun tetap banyak orang yang tetap ingin memakainya. Dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat kayu tetap awet dan tahan lama. Bisa digunakan sendiri memakai barang-barang yang ada di sekitar saja .

1. Pilih Jenis Kayu
Pertama Anda harus pastikan jenis kayu yang akan dipakai. Apakah punya sifat bisa tahan dengan rayap atau sangat rentan terhadap serangan hewan satu itu. Ada beberapa jenis kayu yang bisa digunakan dan tidak perlu anti pelapis super misalnya jati, merbau, sengon maupun ulin.

Banyak orang biasanya lebih senang menggunakan kayu jati karena terbukti mampu melawan serangan hama. Sifatnya memang kuat dan koko hingga bisa tahan sampai puluhan tahun lamanya. Tak heran jika sampai saat ini banyak orang memilih memakai perabot rumah antik berbahan dasar kayu

2. Pakai Metode Orang Jaman Dulu
Walaupun dibentuk menjadi furniture lebih dinamis dan modern, namun cara perawatan tak ada salahnya tetap mengikuti cara orang terdahulu. Salah satunya adalah dengan diawetkan, metode ini sangat mudah namun benar-benar mampu membuat kayu terhindar dari serangga.

Caranya adalah dengan mencampurkan solar dengan oli bekas dengan perbandingan 1 : 1 dalam satu wadah. Cukup pakai kuas untuk diusapkan ke bagian kayu dan diamkan beberapa saat sampai cairan benar-benar meresap dan kering sempurna. Jika sudah usapkan lagi solar dan oli bekas 2 : 1.

3. Pakai Metode Pra Konstruksi
Terakhir satu lagi metode yang bisa dipakai untuk membuat kayu tetap bertahan lama adalah dengan trik pra konstruksi. Pengasapan atau menggunakan solar dan oli bekas lebih baik dioleskan saat kayu masih dalam keadaan mentah atau belum dibentuk.

Kayu sepertinya akan tetap menjadi salah satu material yang selalu digunakan dan dipakai. Baik untuk furniture perabot rumah ataupun hanya pemanis ruangan saja. Cukup pastikan semuanya bagian sudah dilumasi dengan baik.