Tips

Cara Mengatasi Error Printer Canon MG2500

Bukan berarti barang yang mewah dan mahal seperti printer Canon tidak akan pernah terjadi yang namanya eror. Ada masanya setiap barang maupun alat elektronik tertentu pasti akan mengalami masalah. Sebagai pengguna, Anda harus mengatasinya. Oleh karena itu, ketahui beberapa cara mengatasi error printer.

Cara Mengatasi Error Printer Canon MG2500

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, bahwa yang namanya alat elektronik itu tidak selamanya bisa digunakan tanpa adanya masalah. Terlebih pada printer yang notabene merupakan alat paling banyak dan sering beroperasi demi menyelesaikan berbagai pekerjaan kantoran.

1. Eror Kode 1000
Salah satu jenis eror yang seringkali banyak orang alami, yaitu eror dengan kode 1000. Namun, untuk masalah satu ini tidak termasuk jenis eror parah. Jadi, sebagai pengguna printer masih bisa mengatasinya dengan melakukan cara sederhana. Tidak perlu sampai membongkar isi dari alat tersebut.

Biasanya eror dengan kode 1000 ini berkaitan erat dengan tray habis. Untuk cara memperbaikinya cukup mudah, Anda hanya memasukkan kertas ke tray atau bagian belakangnya. Lalu tekan tombol reset sampai printernya menyala seperti biasanya. Dengan begitu, masalah akan teratasi.

2. Eror Kode 1203
Kemudian, ada jenis kode eror 1203 biasanya berkaitan erat dengan bagian penutup printernya. Seringkali erornya muncul ketika tutup printer terbuka saat proses printing sedang berlangsung. Hal semacam ini sering terjadi pada printer dengan merk Canon. Mengingat memang aturannya seperti itu.

Canon tidak mengizinkan para penggunanya membuka penutup printernya ketika proses printing sedang berlangsung. Hal tersebut karena dapat menyebabkan catridge tergeser ke posisi recovery. Bila terjadi eror seperti ini, tutup saja penutup printernya kemudian cobalah tekan tombol reset.

3. Eror Kode 1300
Selain itu, eror dengan kode 1300 juga akan sering pengguna alami pada printernya. Masalah satu ini sekilas sangat mirip dengan paper jam, tidak lain masalahnya disebabkan oleh kertas yang seringkali tersangkut pada bagian roller keluaran.

Bisa juga ada benda asing yang justru tersangkut di bagian printer, sehingga menyebabkan kertasnya nyangkut. Jika Anda mengalami eror semacam ini, cobalah untuk mematikan printernya dulu lalu cabut kertas secara perlahan agar tidak rusak. Lalu cek apakah ada sesuatu di dalamnya.

Paling tidak seperti itulah beberapa macam masalah atau jenis eror yang sampai saat ini selalu banyak pengguna alami pada printernya. Oleh karena itu, jika Anda mengalami hal tersebut cobalah untuk menggunakan cara mengatasi error printer seperti di atas.