October 20, 2020
Sejarah Awal Perkembangan Kaos Polos

Sejarah Awal Perkembangan Kaos Polos

Sejarah Awal Perkembangan Kaos Polos

Kaos polos merupakan salah satu jenis pakaian dengan banyaknya peminat. Produk jenis ini tentu memiliki sejarah panjang yang mengiringinya. Dahulu pembuatannya masih menggunakan alat tradisional dengan tingkat produksi yang masih sangat terbatas.

Definisi Kaos Polos

Sebelum membahas lebih jauh Anda perlu mengetahui dahulu terkait pengertiannya. Kaos polos merupakan salah satu jenis pakaian tanpa motif yang dapat menutupi badan hingga lengan baik seluruhnya maupun sebagian saja.

Seiring perkembangan zaman, kaos polos sendiri sudah mengalami banyak perubahan berupa warna dan ukuran yang lebih beragam. Banyak orang menggunakannya dengan berbagai tujuan. Harga yang cenderung ekonomis membuatnya lebih banyak peminatnya.

Model dari kaos polos sendiri juga beragam seperti kerah berbentuk leher kura-kura, huruf O, berlengan panjang atau pendek, dan sebagainya. Tingkat kenyamanannya juga tidak kalah penting. Memilih produk jenis ini perlu menentukan bahan penyusunnya agar kualitasnya baik.

Sejarah Awal Perkembangan Kaos Polos

Kaos polos memiliki sejarah panjang perkembangannya hingga saat ini. Awalnya kaos merupakan pakaian dalam tentara Inggris dan Amerika pada awal abad ke-10 hingga 20. Waktu itu, masyarakat belum terlalu mengerti penggunaan produk jenis ini.

Masyarakat mulai mengenal kaos karena banyaknya foto tentara yang beredar dengan mengenakan produk tersebut saat udara panas. Tahun 1947 perkembangannya semakin pesat, bahkan sampai beberapa tokoh besar juga mempopulerkannya.

Kepopulerannya ini menuai pro dan kontra oleh sebagian masyarakat, karena berkembang anggapan bahwa mengenakannya mengurangi etika dan kesopanan. Adanya kontroversi tersebut bukan malah menyurutkan minat, malah semakin banyak perusahaan yang memproduksi secara besar-besaran.

Perkembangan Kaos Polos di Indonesia

Menurut kabar yang berkembang, kaos polos sendiri dibawa oleh orang-orang Belanda. Awal tahun 70-an produk ini mulai berkembang, namun dengan bentuk yang masih sangat sederhana. Penyebabnya adala ketersediaan alat belum memadai.

Awal perkembangannya masih terdiri dari satu warna yakni putih. Bahan dasarnya dari katun yang halus dan tipis, namun penggunaannya terbatas untuk kaum pria saja. Tahun 80-an kaos mulai menunjukkan kepopulerannya yakni dengan hadirnya beberapa brand ternama.

Brand tersebut mulai berinovasi dengan membuat desain menarik dan unik. Sekitar tahun 90-an banyak masyarakat kreatif yang memproduksi sendiri, atau terkenal dengan sebutanĀ  Distro Clothing dengan kualitas yang tidak kalah saing.

Kaos polos hingga kini masih menarik minat masyarakat dari berbagai kalangan. Desain dan warnanya cukup banyak, tujuannya untuk memenuhi permintaan pasar semakin beragam. Sejarah panjang yang mengiringi perkembangannya membuat semakin banyak peminat.